Lompat ke isi utama
Salah seorang atlet paralympian yang berlomba pada nomor lompat tinggi cabang atletik dalam event Pra Peparprov Sulsel 2013 di Stadion A. Mattalatta (Mattoanging) Makassar (4/11/2013)

Atlet Paralympian Sulawesi Selatan Sukseskan Pra Pekan Paralympic

Solider.or. id- Makassar -- National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel)  bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel menyelenggarakan Pra Pekan Paralympic Provinsi (Pra Peparprov) Sulsel 2013 pada 3 sampai dengan 4 November 2013. Ajang ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan menjelang Pekan Paralympic Provinsi 2014 di Kabupaten Bantaeng, melibatkan 190 atlet penyandang disabilitas (Paralympian) beserta para official dari 16 kabupaten dan kota se-Sulsel.

“Walaupun sebagian dari kami para atlet dan official dari kabupaten/kota tidak didukung anggaran sepenuhnya oleh pemerintah di daerah kami untuk mengikuti Pra Peparprov ini, tetapi dengan segala daya upaya. Kami tetap bersemangat untuk tetap ikut bertanding demi meraih prestasi tertinggi di tingkat provinsi. Kami berharap dapat lolos ke Peparprov 2014 di Bantaeng nantinya,” ujar Mustamin, salah seorang atlet paralympian tunadaksa asal Kabupaten Soppeng.

Gelaran perdana Pra Peparprov tersebut merupakan event yang menentukan bagi setiap atlet paralympic yang akan berlaga pada Pekan Paralympic Provinsi III tahun 2014 di Bantaeng. Peparprov III tahun 2014 akan digabungkan dengan Pekan Oalahraga Daerah (Porda) sebagaimana dua gelaran Porcada sebelumnya di Kabupaten Bone tahun 2006 dan di Kabupaten Pangkajenne Kepulauan (Pangkep) tahun 2010.

Event Pra Peparprov 2013 ini merupakan rangkaian penyelenggaraan Pra Porda (Pra Pekan Olahraga Daerah) yang dilaksanakan oleh KONI Sulsel. Pra Peparprov merupakan seleksi bagi para atlet penyandang disabilitas yang akan berlaga pada Porda/Peparprov di Kabupaten Bantaeng tahun depan,” ujar Kamargono ketua panitia Pra Peparprov pada, Minggu (3/11/2013) di Gedung Olahraga (GOR) Andi Mattalatta Mattoanging Makassar. “Ajang ini mempunyai enam cabang olahraga diantaranya atletik, angkat berat, blutangkis, catur, renang dan tenis meja,” lanjutnya.

Sesuai dengan program kerja NPC Provinsi Sulsel baik jangka menengah maupun jangka panjang, hasil seleksi pada Pra Peparprov 2013 ini selain menjaring atlet paralympian yang akan berlaga pada Porda/Peparprov 2014 di Kab. Bantaeng. Kegiatan merupakan titik awal perekrutan bibit-bibit muda yang berpotensi dalam bidang olahraga prestasi untuk mewakili Sulawesi Selatan pada Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XIX 2016 di Bandung Jawa Barat (jangka menengah) dan PEPARNAS XX tahun 2020 (jangka panjang) Provinsi Sulsel.

Terus evaluasi program

“Sekarang ini kita sedang melaksanakan sebuah program yang bertitel “Program Sulsel Maju” yang merupakan program pelatihan atlet paralympian berprestasi guna mengembalikan kejayaan olahraga disabilitas Sulsel di tingkat nasional dan internasional. Pelatihan tersebut akan melibatkan atlet berprestasi di ajang PEPARNAS 2012 di Riau dan kejuaraan nasional  di tingkat pusat,” kata Ketua NPC Provinsi Sulsel M. Sonny Sandra pada sambutan pembukaan Pra Peparprov yang juga dihadiri oleh kepala sekolah SLB dan kepala panti se-Kota Makassar itu.

Sekretaris Umum Pengprov KONI Sulawesi Selatan DR. Ad’dien menyatakan bahwa Program Pra Peparprov perdana ini akan terus dievaluasi oleh KONI Sulsel. Ia berharap agar pelaksanaan kegiatan olahraga disabilitas dapat terus dikembangkan dan diselaraskan dengan acara olahraga umum supaya tidak terjadi perbedaan yang mencolok.

The subscriber's email address.