Lompat ke isi utama

FKDB Kembali Lakukan Audiensi dengan DPRD Kabupaten Boyolali

Solider.or.id, Boyolali – Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB) kembali mengadakan pertemuan dengan DPRD Kabupaten Boyolali. Acara ini diselenggarakan pada Rabu (30/10). Dalam pertemuan kedua ini rombongan FKDB ditemui Ketua DPRD S. Paryanto, Sekretaris Dewan Setyo Wobowo dan empat anggota DPRD Turisti Hindriya, Sujadi, Fuadi, dan Agus Wiyono.

Dalam kesempatan ini FKDB memaparkan perkembangannya. Agenda pertama adalah memaparkan perkembangan FKDB beserta kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.

Selain itu FKDB juga menjelaskan tentang rencana untuk mengadakan peringatan Hari Difabel Internasional (HDI) 2013. Setiap tahunnya HDI diperingati oleh difabel di seluruh dunia pada tanggal 3 Desember. Peringatan HDI diharapkan menjadi sarana bagi FKDB untuk dikenal oleh masyarakat Kabupaten Boyolali.

Kemudian tidak lupa FKDB juga menyampaikan lagi usulan mengenai pengusungan adanya Perda Difabel di Kabupaten Boyolali. Menanggapi Perda ini S. Paryanto menerima dengan baik, bahkan politisi ini sekaligus menghadirkan Agus Wiyanto dari Komisi IV.

“Kami merespon adanya Perda (difabel) karena di sejumlah daerah di Solo sudah ada tapi di Boyolali belum,” katanya menjelaskan.

Namun, pihaknya juga menjelaskan pengusungan Perda Difabel tahun ini belum bisa diwujudkan. Saat ini tengah ada pembahasan enam Raperda dimana salah satunya raperda anak. Diharapkan perlindungan anak difabel sudah dimasukkan dalam raperda ini mengingat Boyolali sudah merupakan Kota Inklusi Pendidikan.

Agus Wiyanto yang juga merupakan anggota Tim Advokasi Difabel (TAD) Boyolali meminta FKDB untuk memfasilitasi pendataan difabel di Boyolali. Saat ini data tentang difabel di Boyolali masih belum valid, hal ini menyebabkan bantuan selama ini tidak merata.

Telah memiliki akte notaris pada bulan September 2013 lalu FKDB berupaya mensosialisasikan keberadaannya sebagai organisasi difabel, sekaligus menjadi jembatan antara difabel dengan pemerintah maupun masyarakat luas. 

 

The subscriber's email address.