Lompat ke isi utama

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaran dan Kerja Sama Pemulihan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Amanat dari Pasal 43 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah tangga adalah adanya upaya pemulihan korban kekerasan dengan adanya keja sama antara pemerintah dan masyarakat. Adanya Peraturan Pemerintah ini adalah sebagai upaya untuk memulihkan kondisi korban kekerasan seperti kondisi fisik,psikis dalam waktu yang tidak terlalu lama. Fasilitas pelayanan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah, pemerintah daerah, dan lembaga sosial meliputi ruang pelayanan khusus di jajaran kepolisian, tenaga ahli dan profesional, pusat pelayanan dan rumah aman, dan sarana prasarana lain yang diperlukan untuk pemulihan korban.  Kegiatan pemulihan korban antara lain pelayanan kesehatan, pendampingan korban, konseling, bimbingan rohani, dan resosialisasi.

Bentuk kerja sama pemulihan yang bisa dilakukan menurut Pereaturan Pemerintah ini termasuk kerja sama dengan lembaga sosial yang mengurusi korban kekerasan dalam rumah tangga, tengaa kesehatan, pekerja sosial, relawan, dan pendamping rohani. Peratran Pemerintah  ini juga mengatur mengenai pembiayaan pelaksanaan pemulihan.

Silakan unduh versi lengkap Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2006 melalui tautan di bawah ini.

 

Lampiran Ukuran
Permen-no-4-tahun-2006-TTg-SPP-PKKTP1. 56.05 KB
The subscriber's email address.