Lompat ke isi utama
Sri Lestari (19) siswi SMALB N 1Salatiga berpose di atas kursi roda dengan "Tabung Penjernih Air" yang mengantarkannya menjadi juara 2 OSN SMALB 2013

Solo Selenggarakan Olimpiade Sains Nasional SMALB Provinsi Jateng 2013

Surakarta, solider.or.id-Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMALB Provinsi Jawa Tengah berlangsung tanggal 7-9 Juni 2013. Bertempat di Kusuma Sahid Prince Hotel, pada Jumat malam (7/6/2013) acara dibuka oleh Drs. Teguh Winarno M.Pd selaku Ketua Bidang Dikmen mewakili Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah.

Lomba yang diikuti oleh 130 peserta yang terdiri dari 65 siswa/i dan 65 guru pendamping berhasil memilih para pemenang yakni juara 1-3 bidang Matematika, juara 1-3 bidang IPA dan 3 juara bidang Karya Ilmiah. Reza Pahlevi, Kepala Seksi Pengendalian Mutu Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Jateng berujar,”Tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk membiasakan budaya lomba dan kompetensi para siswa.” Lanjutnya lagi,”Kemampuan para peserta sungguh luar biasa dan sama seperti kemampuan berprestasi pada siswa-siswi yang bukan penyandang disabilitas.”

 

Berprestasi dengan Bikin Cendol dari Tanaman Lidah Buaya

Januar Rizki Nugroho (18) dengan sangat bangga menyanding piala serta piagam di tangannya. Siswa kelas X SMALB Bina Karya Insani yang beralamat di Jl. Kapten Mulyadi 37 A Cangakan Karanganyar meraih juara 3 bidang Karya Ilmiah dengan mengambil judul penelitian “Bikin Cendol dari Tanaman Lidah Buaya”. Alasan Januar memilih tanaman lidah buaya sebagai obyek penelitian, siswa penyandang disabilitas daksa ini mengemukakan bahwa tanaman lidah buaya sangat bisa dimanfaatkan dari segi kesehatan dan ekonomi.  

Selama ini umumnya cendol dibikin dari tepung pati, sedangkan lidah buaya sudah banyak yang membudidayakan dengan dibuat sebagai agar-agar. Ketika ditanya apa cita-citanya besok setelah lulus SMA, Januar berujar, “Saya ingin kuliah di ITS dan mengambil jurusan IT.”

 

Sri Lestari Bercita-cita Menjadi Pengusaha dan Seorang Entrepreneur

Sri Lestari (19) siswi kelas XI SMALB Negeri 1 Salatiga mengambil penelitian karya ilmiah  “Tabung Penjernih Air” dan mendapat penghargaan sebagai juara 2. Putri pasangan Sadin-Suhairiyah ini telah mengikuti OSN sebanyak 4 kali. Pada saat bersekolah di SD dia pernah meraih prestasi juara 3 MIPA, juara 1 Cerdas Cermat IPS. Dan ketika duduk di bangku SMP dia meraih juara 3 Matematika.

Dengan persiapan selama 2 minggu, Sri Lestari menyatakan tentang kendala yang dihadapinya. “Saya memastikannya hingga berkali-kali supaya alat ini bisa seperti yang saya harapkan,”ujarnya.

Di sekolahnya SMALB N 1 yang beralamat di Jl. Hasanudin Gang Cakra Banjaran Mangunsari Salatiga, Sri Lestari mendapatkan pelajaran jahit-menjahit karena ada vokasional. Cita-cita sulung dari dua bersaudara ini ingin menjadi pengusaha butik dan seorang entrepreneur.

The subscriber's email address.