Lompat ke isi utama
Suasana audiensi organisasi penyandang disabilitas dengan BAPEDA Aceh

Organisasi Penyandang Disabilitas Aceh Tagih Komitmen Pemerintah Aceh

Banda Aceh, Solider.or.id –Beberapa organisasi penyandang disabilitas yang tergabung dalam Forum Advokasi Disabilitas Aceh mendatangi kantor BAPPEDA Aceh jumat lalu (10/5) untuk menyampaikan aspirasinya. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari MUSRENBANG Aceh (9/4) dan Rapat Koordinasi Aceh (10/4) yang lalu. Dalam audiensi tersebut, mereka disambut baik oleh Kepala BAPPEDA Aceh, Bapak Prof. DR. IR. Abubakar Karim, MS bersama beberapa staf ahli.

Dalam pertemuan tersebut, Ifwan Sahara (ketua DPD PPDI Aceh) membacakan aspirasi forum advokasi penyandang disabilitas Aceh yang merupakan hasil dari beberapa pertemuan yang telah mereka lakukan. Ada 11 permasalahan sekaligus kebutuhan yang disampaikan yaitu Bidang kesejahteraan, ketenagakerjaan, pendidikan, kebudayaan dan olah raga, sosial politik, kesehatan, aksesibilitas, agama, anggaran rutin organisasi, dan rehabilitasi center .

“Permasalahan dan kebutuhan ini kami sampaikan karena menurut pengamatan kami, perhatian pemerintah terhadap penyandang disabilitas masih kurang. Oleh karena itu, melalui BAPPEDA Aceh kami mengharapkan, untuk kedepan penyandang disabilitas Aceh juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan. Karena permasalahan yang kami hadapi hanya kami yang bisa memberikan solusinya,” ujar Ifwan sebelum menutup pemaparannya.

 

 “Kami berkomitmen bahwa kami akan memantau program-program kerja yang dilaksanakan dinas terkait. Namun, bantuan dari Bapak/Ibu sangat kami harapkan agar program yang berjalan nantinya tepat sasaran. Kami juga akan melibatkan penyandang disabilitas dalam setiap kegiatan, selama itu mampu kami jangkau,” Ujar Abubakar Karim dalam rapat audiensi.

Kunjungan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Forum Advokasi Disabilitas Aceh untuk memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas Aceh.

Sebelumnya, Forum Advokasi Disabilitas Aceh juga sudah malakukan audiensi dengan Dinas Kesehatan Aceh (29/4). Kunjungan dilakukan dalam rangka konsultasi untuk persiapan audiensi dengan Gubernur Aceh, mengenai permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh  penyandang disabilitas Aceh.

Untuk permasalahan dibidang kesehatan yang bisa langsung direspon akan segera ditindaklanjuti seperti, layanan transportasi untuk menjemput pasien baik penyandang disabilitas maupun yang bukan penyandang disabilitas, Sosialisasi Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) untuk penyandang disabilitas terutama yang di daerah-daerah, informasi tentang dunia kesehatan akan lebih ditingkatkan.

The subscriber's email address.