Lompat ke isi utama
suasana tempat wisata Jatim Park 2

Tak Perlu Khawatir Berkunjung ke Jatim Park 2

Solider.id, Malang - Kota Batu Malang merupakan salahsatu kota atau tempat yang terkenal akan wisatanya di Jawa Timur. Beberapa diantara tempat wisata yang ada di kota Batu adalah Jawa Timur Park (Jatim Park). Ada Jatim Park 1 yang merupakan Jatim Park pertama yang dibangun, yakni pada tahun 2010 berlokasi di lereng bagian timur Gunung Panderman dengan ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Kemudian Jatim Park 2 adalah pengembangan dari wahana Jatim Park 1 yang berjarak 1 km dari Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo 9 Kota Batu. Sedangkan kini Jatim Park 3 dikenal dengan Dino Park yang berlokasi di Jalan Raya Ir. Soekarno no. 144 Beji, Kota Batu.

Selain sebagai tempat refreshing, pengunjung juga dapat mengabadikan moment bersama keluarga dengan berfoto di banyak tempat, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai wahana edukasi. Jatim Park 2 menyuguhkan 3 wahana utama, yakni Batu Secret Zoo, Eco Greem Park, dan Museum Satwa. Di dalam Museum Satwa terdapat atraksi Mayapada Show yang ditampilkan sebanyak 2 kali per hari. Pada atraksi ini, penonton dapat menikmati nuansa edukatif mengenai pentingnya tumbuh-tumbuhan dan binatang yang dijaga kelestariannya. Selain dapat dinikmati oleh anak-anak, atraksi edukatif ini juga dapat memberikan gambaran visual kepada pengunjung Tuli karena atraksi ini dilengkapi dengan drama musikal dan pencahayaan. Akan lebih mudah diakses jika pertunjukan ini dilengkapi dengan informasi tertulis agar dapat dibaca oleh pengjunjung dan ruang tempat duduk untuk pengguna kursi roda.

Mulai dari pintu masuknya, Jatim Park 2 menyediakan aksesibilitas fisik bagi pengunjung, mulai dari bidang miring, toilet aksesibel, hingga informasi audio visual. Halaman depan telah didesain menjadi halaman yang luas dengan lantai keramik. Di setiap bagian pintu masuknya pun terdapat bidang miring yang dapat diakses bagi pengunjung pengguna kursi roda maupun yang membawa stroller bayi. Simbol difabel dengan gambar kursi roda berlatar belakang biru pun dapat terlihat di setiap bagian yang dapat diakses pengunjung.

Informasi tertulis berupa papan penunjuk arah maupun keterangan tertulis di tiap objek yang ada di Jatim Park 2 pun dapat terbaca jelas dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris sehingga pengunjung yang Tuli maupun pengguna Bahasa Inggris dapat ikut menikmati informasi yang tersedia di Jatim Park 2. Pada papan keterangan pun dilengkapi dengan gambar hewan yang ada di dalam bilik sehingga memudahkan anak-anak maupun difabel intelektual mudah memahami informasi yang ada.

Jatim Park 2 juga menyediakan kursi roda yang disediakan di Posko Security yang dapat dipinjam hanya dengan menyerahkan KTP. Kursi roda ini tidak dipungut biaya bagi pengunjung yang membutuhkan. Tidak hanya alat bantu manual saja, manajemen Jatim Park 2 juga menawarkan fasilitas motor elektrik dengan biaya sewa Rp 100.000,- untuk 3 jam pemakaian. Jika ingin menghemat waktu dan tenaga, pengunjung dapat menggunakan shuttle car yang mengelilingi beberapa area Jatim Park 2. Pengunjung pun tak perlu takut tersasar karena sudah disediakan papan penunjuk arah dan denah.

Tidak hanya ditujukan bagi pengunjung dewasa, Jatim Park 2 juga memberikan wahana permainan bagi anak-anak seperti Baby Zoo, kolam renang anak, kereta anak, dan pengunjung berkesempatan memberikan makanan pada beberapa hewan dengan menaiki kereta kelinci. Di jam-jam tertentu pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan hewan seperti singa laut, gajah, harimau, onta, dan lain sebagainya.

Wahana rumah hantu dan keliling 5 benua juga terbuka untuk pengunjung tanpa perlu menambah biaya. Jatim Park 2 yang dominan dengan memamerkan aneka satwa dari berbagai belahan dunia, berhasil memanjakan pengunjung dengan nuansa alam yang alami. Berbeda dengan Museum Satwa, wahana ini memamerkan berbagai jenis hewan yang diawetkan, maupun buatan. Untuk menunjang pengunjung menikmati objek yang dipamerkan, di setiap sudut objek diberi papan keterangan informasi mengenai objek yang ada dan pengunjung juga dapat mengunduh aplikasi bernama Museum Satwa di google play. Meskipun terlihat artistik menyerupai binatang hidup, namun hampir semua objek ini tersimpan rapi di dalam bilik kaca sehingga tidak dapat diakses oleh pengunjung netra. Juga karena tidak disediakan informasi dalam bentuk braille.

Mengulas aksesibilitas yang ada di Jatim Park 2, area wisata ini belum dapat dikatakan sempurna karena pengunjung difabel belum dapat menikmatinya secara mandiri. Meskipun sudah diberikan bidang miring di semua tempat, namun pengguna kursi roda tidak dapat mengayuh kursi rodanya secara mandiri karena masih curam. Terlebih jika kondisi hujan, pengunjung yang dapat berjalan kaki pun harus sangat berhati hati melangkah karena beberapa lokasi area ini licin. (Ramadhany Rahmi)

The subscriber's email address.