Lompat ke isi utama
suasana workshop kesehatan mata

LSM Paramitra Gelar Workshop Tentang Pentingnya Kesehatan Mata

Solider.id, Surabaya - Bertempat di Hotel Santika Jemursari Surabaya, LSM  (Lembaga Swadaya Masyarakat) Paramitra pada 6/2 kemarin menyenggarakan workshop yang bertemakan “Sistem Layanan Kesehatan Mata Yang Komprehensif dan Inklusif di kabupaten Tuban dan Probolinggo”.

 Mata merupakan organ vital bagi manusia bila kesehatan mata terganggu maka akan sangat mempengarui aktivitas kita,ujar Asiah Sugiati (Direktur Paramitra ) saat ditanya tentang pemilihan tema kesehatan mata dalam workshop.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa di Indonesia tidak sedikit masyarakat yang terganggu matanya bahkan mengalami kebutaan.

Perempuan asli Jombang yang akrab di sapa mbak As ini menambahkan  “penyakit atau gangguan pada mata ini selain karena faktor degenerasi, yakni gangguan mata yang di pengarui oleh faktor usia juga oleh faktor lain seperti pola makan yang tidak sehat ,lingkungan hidup, gaya hidup dan faktor genetik.

Ke depan pihaknya berharap proyek ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan para pengambil kebijakan tentang hak-hak difabel yang akan secara aktif terlibat dalam perencanaan dan implementasi proyek. Mendapatkan layanan kesehatan yang baik adalah hak semua masyarakat tak terkecuali difabel dengan mulai mewujudkan desa sehat mata. “Proyek ini juga diharapkan dapat memenuhi salah satu kebutuhan difabel yaitu berupa sistem layanan kesehatan yang aksesibel bagi difabel” ujar perempuan  berkaca mata ini.

Sementara itu dalam acara workshop tersebut  juga di hadiri oleh perwakilan stakeholders dari 2 kabupaten serta pejabat pemerintah provinsi. Proyek ini juga di dukung oleh lembaga  CBM Indonesia yang di wakili oleh  Matthew Hanning (Country Director),Vivian Kameloh (IEH Senior Programe Officer) dan Angga Yusarga (IEH Programe Officer). (Fira Merenda Asa)

The subscriber's email address.