Lompat ke isi utama
Diskusi KP4 Sahabat Ombudsman dengan Perwakilan ORI DIY, Rabu (10/1/2017), terkait kegiatan KP4 mengawal fungsi trotoar di DIY.

KP4 Sahabat Ombudsman Kawal Keberfungsian Trotoar

Solider.or.id.Yogyakarta. Pelayanan publik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), salah satunya trotoar sebagian besar beralih fungsi atas dasar berbagai kepentingan. Ada alihfungsi sebagai lahan parkir, berjualan, pemasangan rambu-rambu, mesin air, dan sebagainya. Kondisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan pejalan kaki. Lebih ekstrim, alih fungsi tersebut telah menyerobot hak para pejalan kaki, baik difabel pengguna kursi roda, difabel netra, maupun nondifabel dan kelompok rentan lainnya.

Kondisi tersebut menjadi perhatian Komunitas Perempuan Peduli Pelayanan Publik (KP4) Kota Yogyakarta Sahabat Ombudsman. Sehingga Rabu (10/1/2018) KP4 Sahabat Ombudsman menyambangi Kantor Perwaiilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DIY di Jalan W. Monginsidi No.20, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta, terkait abainya aparat dengan alihfungsi trotoar, tanpa pemberlakuan sanksi dan tindakan tegas.

Pertemuan itu juga digunakan untuk membahas rencana kegiatan KP4 Sahabat Ombudsman, terkait agenda dialog publik dengan para perempuan difabel dan non difabel di wilayah kota Jogjakarta. Sebuah dialog publik dengan tujuan menguatkan pemahaman atas fungsi trotoar, menumbuhkan empati, serta terbangun insiatif mengawal trotoar sebagai mana fungsinya.

Juru bicara KP4 yang juga Ketua Narasita Renny Prahesty, dalam pengantarnya selain menyampaikan rencana aksi KP4, juga menanyakan tentang sistem pelaporan warga masyarakat terkait adanya berbagai penyimpangan pada pelayanan publik. Hal tersebut mengingat efektivitas dan optimalisasi pengawasan agar pelayanan publik di DIY dapat berjalan baik sebagai mestinya.

Apresisasi dan dukungan diberikan oleh Kepala ORI DIY, Budhi Masthuri, SH, atas inisiatif pengawalan berbagai pelayanan publik, yakni trotoar. Jangka pendek dukungan sepenuhnya terhadap penyelenggaraan dialog publik akan diberikan. Selanjutnya capasity building terhadap komunitas KP4 Sahabat Ombudsman akan diprogramkan.

Mengkolaborasikan antara KP4 sahabat ombudsman dengan pelajar sahabat ombudsman juga akan dilakukan. Agar selanjutnya saling dapat bersinergi, berjejaring, dalam melakukan pengawalan terhadap pelayanan publik di DIY. Hal ini diharapkan agar pelayanan publik di DIY menjadi ramah buat semua, tanpa terkecuali difabel. [Harta Nining Wijaya].

The subscriber's email address.