Lompat ke isi utama
Surya Sahetapi sedang memperagakan bahasa isyarat lagu Kucinta Dirinya yang dinyanyikan Mike Mohede

Belajar Bisindo dari Video Klip Lagu di YouTube

Solider.or.id, Surakarta- Ada banyak medium bagi seseorang yang ingin mengenal sekaligus belajar tentang Bahasa Isyarat indonesia atau Bisindo. Dari sekian banyak itu, salah satunya adalah YouTube.

Youtube merupakan situs web yang digunakan untuk berbagi video. Situs yang memungkinkan penggunanya dapat mengunggah, mengunduh ataupun menonton ini, menjadi ruang alternatif untuk belajar hal-hal tertentu. Mulai dari hal yang remeh temeh sampai sesuatu hal yang serius. Salah satunya, pengguna dapat menjadikannya sebagai medium belajar Bisindo.

Melihat banyaknya produksi konten video seperti itu di situs web yang didirikan Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim ini, tentu menjadi peluang untuk bagaimana memasifkan isu difabilitas kepada masyarakat luas.Terutama bagi kreator-kreator konten video yang turut menyumbang pengalamannya di jagat hiburan.

Konten-konten Bisindo disuguhkan dengan beragam cara, mulai dari film pendek, kursus singkat, bahkan sampai lagu-lagu yang diisyaratkan oleh para juru bahasa isyarat di dalam konten video. Lagu-lagu yang biasa dibawakan penyanyi terkenal dan ditayangkan di media sosial YouTube, dikonversi dan disuguhkan ulang kepada penonton dengan menggunakan Bisindo.

Hal tersebut tidak hanya bermanfaat bagi tuli, tetapi secara umum masyarakatpun dapat belajar Bisindo langsung. Sebagaimana lima lagu dari Indonesia di bawah ini versi Bisindo, sekaligus klik tautan langsung untuk melihat dan mendengrnya di YouTube:

  1. Indonesia Raya

Seorang perempuan berkerudung biru terlintas seperti seorang dirigen yang sedang memandu sekelompok paduan suara. Namun dari gerakan tangannya terlihat sangat berbeda. Video yang diunggah di YouTube oleh akun LBK Sahabat Bahasa Malang ini, ternyata sedang menerjemahkan lagu Indonesia Raya dengan Bisindo. Hingga tulisan ini diunggah, video tersebut sudah mencapai 1.107 kali ditonton.

Lagu Indonesia Raya versi Bisindo yang lain juga diunggah oleh akun Anak Tunarungu berjudul Indonesia Raya Bisindo Format YouTube. Video dengan jumlah penonton dan pendengar 474 kali itu diperagakan sepuluhan orang.

Selain dua video tadi, masih banyak video lagu Indonesia Raya dengan beragam Bisindo dari berbagai daerah. Tentu hal tersebut perlu dilihat oleh pemerintah untuk bagaimana turut serta menyediakan konten edukatif. Semisal untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap tuli, seperti halnya video-video di atas.

  1. Lagu Bidadari Tak Bersayap (Anji)

Konten video yang diunggah pada 16 Mei 2017 oleh MyMusic Records ini telah disaksikan oleh 18.865.346 orang. Video Bidadari Tak Bersayap adalah sekuel lagu dari salah satu penyanyi solois, Anji. Para pendukung video klip ini berlatih pada pengajar Bisindo. Hal menarik lainnya, dari video klip ini pula terkuak bahwa akun penyebar gosip yang lagi nge-hits saat ini. Lambe Turah, lewat adminnya mengatakan bahwa mereka sangat tertarik belajar Bisindo.

  1. Lagu Kucinta Dirinya (Mike Mohede)

Lagu yang dilantunkan almarhum Mike Mohede diterjemahkan kedalam Bisindo oleh Surya Sahetapy dan diungggah pada 23 Agustus 2016. Surya, sebagai seorang penyuka musik. Ia menulis dalam akun YouTubenya bahwa untuk pertama kalinya ia mengiterpretasikan lagu dari penyanyi yang terkenal dengan teknik vibranya itu sebagai bentuk kehormatan dengan diberinya kesempatan untuk menjadikan lagunya diubah dengan bahasa visual.

“Saya masih amatir untuk menginterpretasikan semua lagu, bagaimanapun saya akan selalu menerima semua masukan. Beristirahatlah yang tenang, Mike!”tulis Surya Sahetapy, di konten video yang sudah mencapai 18.396 kali dikunjungi.

Video Surya mendapat tanggapan dari pemirsa yang menonton, di antaranya dari akun berikut ini:

Desi Irsalina (berkomentar 1 tahun lalu) : “Saya seorang guru, alhamdulillah dengan adanya vlog dari Surya saya bisa belajar bahasa isyarat. Semangat buat vlog-vlog yang lain ya. Karena saya juga ingin memahami bahasa isyarat.

Video klip lagu Kucinta Dirinya unggahan Surya Sahetapy kemudian disempurnakan oleh Jayeng Pranoto dan diunggah ulang di YouTube pada 26 September 2016 dengan memberikan tambahan lirik lagu. Video versi ini pun mendapat perhatian dari pemirsa dengan 884 kali ditonton.

  1. Lagu Patah Hati (Citra Scholastika)

Lagu yang dinyanyikan oleh Citra Scholastika feat Surya Sahetapy ini diunggah pada 4 Desember 2016, oleh Hits Records. Video klip berdurasi 4 menit 15 detik ini dilihat dan dengar oleh 68.679 orang. Salah seorang, pemilik akun Inal Zaman memberikan komentar membangun dan singkat, “Ekspresif, Cakep”.

  1. Lagu Sampai Jumpa (Endank Soekamti)

Diunggah di media sosial YouTube dan dilihat oleh 4.835.382 pasang mata, video klip Sampai Jumpa yang disuarakan oleh Endank Soekamti dengan penerjemah bisindo adalah Safina “Adis” Nadisa, awak Jungkat Jungkit Band yang tinggal di Solo.

Video klip ini mendapat respon baik dari pemirsa. Pemilik akun Siti Rodiah berkomentar , “Sebagai aku Tuli, aku senang melihat video isyarat bisindo dan ditambah tulisan di back ground, aku salut!! sukses ya Bang.”

Lagu ini banyak diputar di berbagai media, baik televisi atau media sosial sebagai tribute to Choirul Huda, pesepak bola legenda yang tergabung dalam timnas Indonesia. Kiper persela Lamongan yang meninggal dunia saat pertandingan pada 15 Oktober 2017. [Puji Astuti]

The subscriber's email address.