Lompat ke isi utama
Kegiatan gotong royong relawan, komunitas, warga pada renovasi rumah keluarga difabel di Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo

Gerakan Renovasi Rumah Tidak Layak Huni yang Rentan bagi Keluarga Difabel

Solider.or.id, Kulon Progo. Komunitas Bersyukur dan Berbagi atau biasa disebut B & B, dibantu 30 relawan perwakilan dari berbagai oranisasi menggelar renovasi rumah salah satu keluarga difabel dan non difabel, di kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Minggu (7/1). Renovasi tersebut mengingat kondisi rumah yang tidak layak huni yang membahayakan penghuninya.

B & B merenovasi rumah milik keluarga Suprihatin (50), seorang janda dengan dua orang anak, salah satunya Sofie (19) difabel Cerebral Palsy (CP) berat. Renovasi itu merupakan renovasi ketiga rumah keluarga difabel yang dilakukan oleh komunitas yang dibentuk pada 2014 tersebut.

Setiap renovasi yang dilakukan melihat kondisi rumah yang tidak layak huni, Dimana bangunan tersebut sangat rentan dapat menyebabkan kecelakaan tidak terduga bagi penguninya. “Seperti rumah dengan dinding bambu yang berlubang, beralasakan tanah gembur, lembab, tanpa kamar mandi, tanpa sekat, serta tidak sehat,” kata Sri Nataliwati, pendiri Komunitas B & B.

Sri Nataliwati atau Wiwit, sapaan akrabnya menjelaskan, pembiayaan renovasi didapat dari Komunitas Warga Kulon Progo yang tinggal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Renovasi rumah Sofie dimulai sejak Sabtu (30/12), diawali dengan peletakan batu pertama yang dihadiri oleh beberapa perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Kulon Progo. Renovasi melibatkan 30 orang relawan dari Jogja Magelang Elektronik (JME), SIGAP MERAPI, RENGGOLAWE, Pasukan Relawan (PAREL) Polsek Nanggulan, serta sebagian warga setempat. Renovasi diharapkan selesai paling lama dalam dua minggu ke depan, rumah Keluarga Sofie, siap dan layak ditinggali.

“Semoga ini dapat menghidupkan kembali nilai gotong-royong yang sesungguhnya menjadi cerminan masyarakat Indonesia. Terlebih masyarakat Jawa, lebih khusus lagi warga sekitar rumah ibu Suprihatin,” ujar Wiwit, menambahkan.

Sementara itu, Suprihatin pemilik rumah yang dibedah berharap hal yang sama. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para donatur, serta beberapa tetangga yang terlibat dalam renovasi rumahnya yang terlibat dalam renovasi. [Harta Nining Wijaya]

The subscriber's email address.