Lompat ke isi utama
Salah satu pengguna gawai. (Kredit foto/gerakinklusi.id)

Fitur Voiceover: Mempermudah Difabel Netra Mengoperasikan Sebuah Gawai

Solider.or.id, Makassar- Perkembangan perangkat telepon genggam kini begitu sangat pesat. Dari awalnya hanya sekedar untuk bertelepon dan saling berkirim pesan singkat, saat ini telepon genggam telah menjelma menjadi perangkat pintar yang mampu mempermudah aktifitas keseharian penggunanya.

Salah satunya para difabel netra. Mereka juga tidak ingin tertinggal terhadap akses informasi tersebut. Para difabel netra terus mengikuti perkembangan media komunikasi yang kini juga menjadi perangkat kerja dan hiburan ini. Mulai dari awal kemunculan telepon genggam klasik yang dioperasikan dengan tombol-tombol, hingga saat layar sentuh.

Salah satu perangkat pintar yang menyediakan fitur yang dapat membantu para difabel netra dalam mengakses telepon pintar adalah gawai yang berbasis IOS besutan Steve Job, Apple. Di mana terdapat fitur bawaan bernama voiceover yang dapat membantu Para difabel netra. Dengan mengaktifkan fitur voiceover, perangkat akan mengeluarkan suara yang mendeskripsikan konten-konten yang muncul pada layar telepon.

Nabila May Sweetha seorang difabel netra pengguna fitur tersebut menceritakan pengalamannya. Ia merasa terbantu dengan adanya fitur tersebut semenjak kemampuan penglihatannya menurun. “Sekarang jadi mudah mengoprasikannya,” ujar siswi kelas IX SMP itu (12/28).

Fitur tersebut menjalankan fungsi seperti membacakan teks yang muncul di layar, menyebutkan huruf, angka, simbol serta emoji yang hendak diketik, memandu bernavigasi pada berbagai aplikasi serta memainkan konten-konten hiburan, mendeskripsikan secara umum konten gambar, dan tentunya membantu difabel netra untuk berkomunikasi melalui panggilan suara, sampai panggilan video maupun pesan teks.

“Memutar pesan suara di WhatsApps cukup dengan menggeser antar tiap pesan, lalu ketuk dua kali. Beda dengan di android yang harus cari tombol putar dulu,” Jelas gadis yang kesehariannya dipanggil Lala.

Sebagai sebuah fitur bawaan perangkat, mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut dapat dilakukan dengan mudah tanpa melalui proses pemasangan aplikasi tambahan. Cukup dengan masuk pada menu Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Voiceover.

Sebagai seorang pengguna gawai dengan bantuan voiceover, Nabilah May Sweetha tidak merasakan kesulitan yang berarti. “Tapi terkadang voiceover di I Phone saya tidak berfungsi. Biasanya kalau itu terjadi saya restart perangkatnya, voiceovernya kembali bersuara.”

Cukup dengan  sentuh, geser, usap dan ketuk pada layar, para difabel netra telah mampu mengoperasikan perangkat secara mandiri. Berpindah antar item atau halaman, memilih sebuah konten, membuka dan bernavigasi pada sebuah aplikasi dapat dilakukan dengan keempat prinsip pengoperasian perangkat dengan voiceover.

Menggeser satu jari ke arah kanan atau kiri, difabel netra dapat menelusuri item-item yang tampil dilayar. Sedangkan dengan menyentuh satu jari pada layar, voiceover akan membacakan item atau konten yang sedang disentuh.

Selanjutnya menggeser satu jari ke bawah atau ke atas voiceover akan mengaktifkan pilihan pada sebuah konten. Mengetuk cepat sebanyak dua kali dengan satu jari pada layar akan mengaktifkan item terpilih.

Dengan mengusap dua jari dari atas layar hingga ke bawah, voiceover akan membacakan konten di layar dimulai dari item yang terpilih. Sedangkan mengusap dua jari dari bawah sampai atas layar, voiceover akan membacakan konten-konten pada layar dimulai dari awal halaman.

Ketukan cepat dengan dua jari sebanyak dua kali pada layar, akan mengaktifkan fungsi aplikasi terkini atau yang terakhir digunakan. Misalnya mengangkat dan mengakhiri panggilan, menghidupkan dan mematikan musik, mengambil gambar dan lain-lain. Berikutnya ketukan cepat sebanyak tiga kali dengan dua jari akan menampilkan pemilih item. Dan, masih banyak navigasi lainnya.

Mendukung 35 bahasa dengan masing-masing suara naratornya, voiceover dapat dioptimalkan fungsinya sesuai dengan bahasa pilihan para pengguna. Termasuk di dalamnya Bahasa Indonesia dengan Damayanti sebagai naratornya.

Selain itu, voiceover pada gawai membantu dengan menjelaskan tindakan yang harus dilakukan setelah memilih item. Penjelasan tersebut akan terdengar setelah voiceover menyebutkan item terpilih.

Mengakses pengaturan bahasa voiceover, para pengguna masuk pada menu Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Voiceover > Ucapan. Para pengguna dapat memilih lebih dari satu bahasa dengan masuk pada menu “Tambah bahasa.” Dan masih banyak pengaturan lainnya.

Pengguna bisa memilih menu “Belajar Voiceover” pada menu pengaturan voiceover untuk belajar mempraktikan navigasi pada layar gawai dan melatih kelincahan bernavigasi bagi para pemula yang baru mengenal cara bernavigasi di layar sentuh bagi difabel netra. [Syarif Sulaeman]

The subscriber's email address.