Lompat ke isi utama

Relawan Demokrasi Gelar Simulasi Pemilu Difabel

Solider.or.id, Banda Aceh - Menjelang pelaksanaan pemilu legislatif tanggal 9 April 2014, Relawan Demokrasi Aceh menggelar simulasi pelaksanaan pemilu untuk para penyandang disabilitas di kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar hari pada hari Jum’at (28/3/2014) bertempat di gedung Sekolah Luar Biasa (SLB) Banura Jalan Sultan Iskandar Muda desa Punge Jurong kota Banda Aceh.

Simulasi pemilu ini diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) kota Banda Aceh dan dihadiri oleh difabel dengan berbagai macam jenis disabilitas. Simulasi ini merupakan tuntutan dari berbagai elemen organisasi disabilitas, masyarakat pemerhati disabilitas dan penyandang disabilitas sendiri.

“Kami berharap teman-teman penyandang disabilitas dapat berperan aktif dan menggunakan hak suaranya pada pemilu kali ini” kata Hendra perwakilan dari KIP kota Banda Aceh. penyandang disabilitas juga punya hak konstitusi sama seperti rakyat Indonesia lainnya. “Hati-hati dalam menentukan pilihan. Pilihlah wakil rakyat yang berani memperjuangkan hak difabel, karena jika kita salah memilih kita akan rugi selama lima tahun” kata Jamilah selaku moderator acara sekaligus kepala SLB Banura.

“Selama pelaksanaan pemilu yang lalu, kami jarang dilibatkan terutama pada saat simulasi, bahkan ketika simulasi yang hadir adalah orang non difabel yang “berakting” seolah menjadi difabel, tentu tidak seperti yang kami harapkan,” kata Helmi seorang penyandang disabilitas tuna rungu.

 “Tugas kami adalah memastikan para penyandang disabilitas dapat menggunakan hak suaranya, tentunya juga dengan dukungan aksesibilitas dilokasi pencoblosan,” lanjut Hendra.

Berdasarkan pengalaman dan data dari KIP Aceh, pada pemilu legislatif tahun 2009, penyandang disabilitas dan mahasiswa merupakan penyumbang golput terbanyak di Aceh. Tindak lanjut dari simulasi ini, KIP kota Banda Aceh pada tanggal 5 April 2014 akan memfasilitasi pertemuan antara penyandang disabilitas dan beberapa elemen masyarakat marginal lainnya untuk dapat berdiskusi dan bertemu langsung dengan 15 partai peserta pemilu tahun ini dan beberapa instansi terkait. (Ade S.)   

The subscriber's email address.